16/06/2024

antarlinknet

Kumpulan Artikel dan Link

Membersihkan Tabung reservoir Radiator

Ilustrasi Tabung resevoir radiator

Seringkali kita melupakan keadaan tabung air cadangan radiator, yang kita perhatikan apakah air dalam tabung cadangan berkurang atau tidak sehingga kita hanya menambah air saja. Salah satu penyebab mampet saluran radiator adalah kotoran. Kotoran ini dihasilkan dari karat yang terjadi dalam saluran pendinginan mesin. 
Ketika mesin mobil hidup, kotoran yang dihasilkan tersebut cepat atau lampat akan menempel dan menumpuk di kisi-kisi radiator sehingga jalur air mampet, jangan lupa untuk membersihkan tabung reservoir radiator. Kotoran dari hasil karat tersebut pada umumnya akan sampa juga pada tabung reservoir atau tabung cadangan radiator. Makanya tidak heran, ketika kita melihat mobil-mobil tahun 90 an, banyak sekali mobil yang tabung reservoirnya sudah berwarna kecoklat-coklatan akibat tidak pernah dibersihkan sehingga karat mengumpul.
Salah satu penyebab mampetnya saluran radiator, umumnya kotoran. Kotoran ini biasanya hasil dari karat yang terjadi dalam saluran pendinginan mesin
Tabung reservoir radiator memang harus dibersihkan secara rutin, minimal selama 6 bulan sekali karena sangat dikhawatirkan apabila kotoran yang ada di dalam tabung air cadangan radiator akan tersedot kembali masuk ke dalam radiator sehingga menyebabkan saluran pendingan mobil menjadi mampet dan dapat menyebabkan mesin mobil overheat. Salah satu indikasi bahwa tabung sudah kotor dan minta dibersihkan dapat dilihat dari warna cairan pendingin yang sudah menguning atau kondisi selang radiator yang sudah banyak terdapat lumpur karat yang berwarna kecoklat-coklatan (gambar 1). Pekerjaan membersihkan tabung reservoir tergolong mudah dan dapat dikerjakan seorang diri ketika memiliki waktu santai bersama dengan mobil toyota kesayangannya.

Cara Membersihkan Tabung Reservoir Radiator

1. Siapkan sikat botol dan sabun pencuci piring
2. Setelah itu lepas tutup tabung reservoir dan jangan lupa untuk mencabut tabung dari dudukannya agar mempermudah pekerjaan kita. Mencabut tabung reservoir hanya cukup mengangkat tabungnya ke arah atas.


3. Apabila tabung sudah terangkat, ada baiknya kita membuang isi dari tabung reservoir radiator mobil, karena ditakutkan cairan pendingin sudah terkontaminasi dan terdapat banyak kotoran yang sudah bercampur di dalamnya.


4. Sama seperti mencuci botol bayi, kita tinggal menuangkan detergen cair ke dalam tabung secukupnya dan menambahkan sedikit air, setelah itu masukkan sikat botol dan gosok-gosok (bisa sambil goyang itik apabila dianggap perlu, hehehe). Gosok hingga bersih bagian dalam tabung sehingga kotoran yang menempel di permukaan dalam tabung dapat lepas.


5. Apabila terdapat noda membandel dan tidak dapat hilang, ada baiknya mengulang kembali acara mengosok-gosok tabung hingga sehingga didapatkan hasil maksimal. Memang apabila kotoran sudah menempel lama akan sangat sulit untuk dibersihkan dan menjadikan tabung reservoir menjadi putih bersih. Tapi karena sudah dibersihkan, biasanya hasil yang didapat cukup memuaskan dan cukup bersih.

Selamat mencoba.