10/12/2022

antarlinknet

Kumpulan Artikel dan Link

Membuat Alat Sedot Kotoran Ikan Di Aquarium Menggunakan Aerotor

Hari ini hari Minggu, bangun pagi gosok gigi sruput kopi hitam dan lanjut membersihkan kandang Ayam bekisar sama ayam hutan seperti biasanya.

Ketika melihat kolam terpal di dekat kandang, mata saya tertuju pada seekor ikan gurame saya yang tampak kurang sehat, beberapa bagian tubuhnya tampak luka dan yang terparah ada di bagian matanya. Lalu saya ambil ikan tersebut dan saya coba obati dengan cairan antiseptik di wadah tersendiri dan setelah beberap menit saya masukan kembali ke dalam kolam tersebut.

Kolam ini tampak hijau airnya..mungkin karena lokasi nya di luar ruangan sehingga panas matahari langsung membuat lumut di dasar tumbuh subur. Di kolam tersebut terdapat Aerotor yang saat ini memang jarang saya pergunakan karena penghuni kolam nya menurut saya tidak terlalu membutuhkan nya, karena faktanya ikan gurame bisa bernafas dengan mengambil oksigen dari permukaan air dengan bantuan dari labirin pada alat pernafasannya, mirip sama fungsi nya si chana neh.

Melihat Aerotor yang nganggur muncul ide untuk merubahnya menjadi alat pembersih kotoran di aquarium, lumayan semua alat alat yang saya butuhkan sudah ada semua. Oke langsung aja kita praktek ya gaiss .

Alat alat yang di butuhkan :

1. Aeorotor (blukutuk..blukutuk bahasa kerenya) 🙂

2.Pipa filter. Sesuaikan panjangnya dengan kedalaman aquarium kita.

3. Konektor L untuk selang Aerotor.

4. Wadah air, bebas mau pakai bekas botol Aqua, botol plastik lainya atau wadah yang ada di tempat agan, kali ini saya menggunakan jerigen plastik bekas air radiator mobil.

5. Solder atau paku. Gunanya untuk melubangi wadah air dan membuat lubang di pipa untuk konektor L nya.

6. Kapas Filter . Hampir kelupaan , bisa pakai yang bekas kok.

Penampakan alat alatnya seperti ini ya

Alat yang dibutuhkan

Tahapan kerja :

1. Panaskan solder atau paku panas, buat lubang kecil kecil sesuai diameter paku atau mata solder pada media wadah plastik.

Lubangi wadah plastik bagian dasar.

2. Lubangi pipa lalu hubungkan konektor L pada lubang pipa tersebut.

Hubungkan konektor L dengan pipa.

3. Selanjutnya buat lubang sesuai diameter dari pipa pada bagian tengah dari wadah, lalu masukan pipa dan kasih ujung bagian pipa (sesuaikan ketinggiannya) dengan menggunakan karet gelang, supaya pipa tidak lepas dari wadah plastik. Seperti ini ya gaiss.

Lubangi wadah sesuai ukuran pipa.
Kasih karet pada bagian ujung pipa setelah dimasukan ke dalam lubang.

4. Taruh filter pada bagian dasar wadah menutupi lubang kecil kecil yang tadi kita sudah lubangi, lalu pasang konektor L dengan selang Aerotor dan Tara..alat pembersih kotoran di dasar aquarium sudah jadi.

Terpasang di kolam terpal, kalau pakai pompa biasa kotoran yang berupa akar dari Enceng gondok nya bikin mampet pompa, terakhir pompa sampai rusak karena mampet.

Sekian Tips dari saya semoga bermanfaat,sampai jumpa pada DIY berikutnya. Terimakash sudah berkenan mampir.