10/12/2022

antarlinknet

Kumpulan Artikel dan Link

Belajar merawat  Chana Yellow Sentarum alias Ikan Gabus Kuning Danau Sentarum.

Ikan gabus kuning danau Sentarum yang lebih dikenal dengan ikan Channa Yellow Sentarum merupakan ikan asli dari Kalimantan.

Merujuk keterangan dari Wikipedia Ikan gabus adalah sejenis ikan predator yang hidup di air tawar. Ikan ini dikenal dengan banyak nama di berbagai daerah: dolak Kapuas Hulu, Kalbar, bocek dari riau, aruanharuan (Mly.,Bjn), kocolan (Btw.), bogo (Sd.), bayongbogolicingan (Bms.), kutuk (Jw.), kabos (Mhs.),gabos (Plbg.), rutiang (bahasa minangkabau) dan lain-lain. Dalam bahasa Inggris juga disebut dengan berbagai nama seperti common snakeheadsnakehead murrelchevron snakeheadstriped snakehead dan juga aruan. Nama ilmiahnya adalah Channa striata (Bloch, 1793).

Kebetulan tanpa sengaja ketika saya berkunjung ke rumah orang tua di dareah Kebayoran baru, sewaktu saya membeli ikan kecil buat umpan ikan Pbass saya di pasar Kebayoran baru, perhatian saya tertuju pada beberapa ekor ikan gabus yang di tempatkan di bagian paling atas dari rack  aquarium. Ternyata di aquarium itu  saya melihat beberapa ikan Channa YS masih anakan ukuran sekitar 10 cm an, wah sepertinya cocok ini buat tank mate nya Pbass karena secara ukuran masih sebelas dua belas lah, menurut saya seimbang secara ukuran ke empat ikan teresebut.

Cuaca di Jakarta saat itu sedang habis di guyur hujan, sehabis sholat ashar saya dan keluarga berencana untuk pulang ke rumah di daerah Pamulang agar dapat segera memasukan ikan tersebut ke dalam aquarium.

Diluar perkiraan saya ternyata kondisi lalu lintas saat itu macet sekali, walaupun saya sudah coba mencari alternatif rute tercepat di untuk sampai di rumah, ternyata hampir semua kondisi jalan mengalami kemacetan. Sepanjang jalan saya berdoa semoga ikan yang sudah dari pagi berada di kantong plastik tidak mati, karena saya tanya sama penjual nya seandainya baru nanti sore saya rilis ikan ya di aquarium apakah masih hidup, belua menjawab bisa asalkan nanti di kantongnya masih utuh di tempatkan di dalam ember yang berisi air. Pengalaman saya dengan sebelumnya ikan saya sampai di rumah mati semua, ternyata karena ketika saya bawa kantong plastiknya saya sobek dan Ikannya saya tuang ke ember.

Belajar dari pengalaman sebelumnya, saya tidak buka kantong plastik yang masih berisi oksigen tersebut, namun saya letakkan ikan saya tersebut masih utuh dengan kantong plastiknya yang dari si penjual ikan, bedanya saya letakan kantong nya di dalam ember berisi air saja, mungkin supaya suhu di dalam kantong terjaga. 

Sesampainya di rumah, hal pertama yang saya lakukan adalah menempatkannya bersama dengan kantong plastiknya ke dalam aquarium sekitar 5 menit lebih, lalu ikatan nya saya buka biar si ikan keluar sendiri dari kantong plastiknya untuk adaptasi dengan air yang baru. Sempat khawatir juga karena momen saat saya memasukan ikan ke aquarium, si Pbass lagi galak galaknya karena bum makan seharian akibat pakan ikan kecilnya habis, dan itu terlihat dari respon yang di lakukan oleh Pbass ketika saya meletakan kantong ikan kecil di luar aquarium, ketika saya dekatkan si Pbass langsung nabrak kaca aquarium dengan keras..cmtak tunnggu lama saya masukan beberapa kantong ke dalam aquarium, dari bawah air kantong plastik yang masih belum saya buka langsung di serang sama Pbass sampai bocor..karena ikan buat pakan jadi tidak saya lakukan adaptasi suhu, langsung saya sobek dan saya tuang isinya kedalam aquarium tersebut.

Tidak perlu waktu lama untuk melihat habisnya ikan ikan cere tersebut ketika di santap oleh Pbass. Saking rakusnya Pbass. Perutnya buncit..sedangkan si Channa ketika sudah keluar langsung nyamperin si Pbass, waduh..gimana ini, guman saya dalam hati. Ternyata si Pbass tidak merespon dengan melakukan serangan..malah lebih terkesan menghindari konflik dengan si Channa tersebut.

Oh ya dalam pesta ikan cere tersebut,. Beberapa ikan juga sempat di sikat sama si Channa, namun tidak serakus seperti yang dilakukan oleh si Pbass.

Sekian dulu cerita hari ini, saya akan update kembali apakah besok terjadi sesuatu yang diluar kendali, semoga semua aman dan terkendali dan tidak terjadi perebutan kekuasaan antara Pbass Monoculus dengan Channa YS. Terimakasih sudah mampir..

Berikut beberapa photo yang sempat saya lakukan.