10/12/2022

antarlinknet

Kumpulan Artikel dan Link

Panggilan pagi

Lazimnya suara ayam kebanyakan dari jaman saya kecil sampai sekerang pasti berbunyi kukuruyukkkk. Di rumah saya berbeda dengan suara ayam rumah tetangga. Ayam saya bunyinya cekrekek..dan satu lagi nyautin suaranya ooeeng..ya kurang lebih seperti itu, nanti kita dengar saja aslinya dari videonya.

Nah jika ada agan yang bertanya kenapa kok beda?, Ya berbeda karena ayam yang saya pelihara berbeda jenis ya dari ayam kebanyakan yang orang pelihara.  Suara ayam yang pertama adalah suara ayam hutan hijau atau lebih sering disingkat dengan AHH, bukan AHY ya kalau itu mah Sultan nya Cikeas…heheheh.

Suara ayam yang kedua adalah suara ayam bekisar. Ayam ini merupakan hasil kawin silang antara indukan jantan ayam hutan hijau dengan betina  ayam kampung. Untuk mendapatkannya bukan perkara mudah ya gan. Berdasarkan pengalaman saya pelihara ayam hutan, ayam tersebut menurut saya lebih suka pilih pilih pasangan. Itu terbukti dari beberapa ayam betina ayam kampung yang K.O di hajar sama AHH, ini mah namanya kekerasan dalam kandang ayam..hahaha.

Kalau di beberapa channel YouTube banyak yang pakai metode kawin suntik, kawin dodokan dan metode metode lain. Dari semua metode saya lebih pilih yang alami, biarkan si ayam memilih pasangan hidupnya.  Setelah bertelur baru saya tetaskan dengan bantuan mesin tetas.

Perkenalan saya dengan ayam hutan hijau bukan baru baru ini saja, dahulu waktu orang tua saya dinas di desa Mojo kecamatan Mojo kabupaten Kediri Jawa timur, kami pernah mendapat hadiah dari penduduk kampung seekor ayam hutan hijau  jantan.

Karena ayam tersebut hasil tangkapan alam, maka ayam tersebut lebih memilih  demo puasa dan akhirnya menghadap yang kuasa. Salah satu anak buah bapak saya melihat ayam tersebut mati dengan segera mengawetkannya untuk hiasan di  ruangan. Karena kalau kita lihat bulu bulunya itu sangat indah sekali, mengkilap berwarna hijau dan bulu lehernya tampak seperti sisik ikan arwana pendek pendek berjejer rapi tidak panjang panjang seperti ayam biasa, dan uniknya lagi jenggernya itu berwarna warni ..ungu, kuning dan agak kemerah merahan.

Berikut Video nya :

Sekian dulu dari saya, terimakasih sudah berkenan mampir.