10/12/2022

antarlinknet

Kumpulan Artikel dan Link

Merakit Aquarium 1,2 Meter

Assalammualaikum wr, wb salaa sejahtera untuk agan semua dan salam kebajikan.

Pada kesempatan kali ini saya akan bercerita mengenai pembuatan aquarium ukuran lumayan besar. Menurut saya tidak terlalu sulit kok asalkan agan ada kemauan semua pasti bisa kita jalani.

Cerita bermula dari sebuah keinginan saya untuk memiliki aquarium ukuran cukup besar untuk di tempatkan di depan garasi rumah saya dan tentunya penghuninya adalah kumpulan para ikan ikan  predator saya nantinya.

Singkat cerita saya teringat dengan aquarium milik sahabat saya yang sudah lama meninggal dunia. Hadiah Surat Al-Fatihah buat Alm. Andi Prasetyo Bin German, semoga Allah terima amal ibadah Alm. Dan diampuni semua kesalahan nya. Aammin Allahuma Aamiin.

Akhirnya malam itu saya kontak adik Alm,  kebetulan kami adalah teman kuliah pada waktu itu. Saya tanyakan apakah aquarium air laut nya milik Alm.masih ada? Ternyata karena bocor aquarium tersebut di bongkar oleh beliau dan di tumpuk di gudang lantai satu rumahnya. Akhirnya beliau dan saya sepakat kaca kaca yang sama tidak tahu kondisi nya itu akan saya beli.

Tanggal 31 Agustus 2021, sepulang dari tempat kerja saya langsung menuju ke rumah sahabat saya tersebut. Sesampainya di rumah sahabat saya masih dalam perjalanan pulang dari tempat kerja nya juga, namun memang kebiasaan saya dari dulu kalau main Kerumahnya kalau beliau nya masih diluar saya biasa bercengkerama dengan kedua orang tua beliau,kedua nya sudah saya anggap orang tua saya juga. Setelah ngobrol ngalor ngidul kata orang Jawa, bisa di artikan ngobrol banyak hal baik mengenai kondisi anak dan istri saya dan hal hal lainya, jam 09.30 sahabat saya sampai juga di rumah. Sudah cukup lama kami memang tidak bertemu semenjak pandemi berlangsung banyak hal yang tanpa di sadari seperti tidak terjalin, salah satunya silahturahmi ini, walaupun memang komunikasi melalui perangkat digital juga kami lakukan namun secara pribadi rasanya akan sangat berbeda ketika kita dan keluarga bisa berkumpul bersama bercengkerama, bersenda gurau secara fisik. Banyak hal yang kami bicarakan, mulai dari seputar pekerjaan kantor masing masing juga masalah masalah perkembangan teknologi dan sudah tentu sedikit obrolan berbau politik menjadi bahan perbincangan kami malam itu dan yang membuat kami lupa bahwa tujuan kedatangan saya adalah untuk melihat kondisi kaca aquarium pun menjadi terlupa jika telepon saya tidak berdering oleh telepon anak saya yang menanyakan saya nanti pulang jam berapa? . Sontak kami melihat ke arah jam dinding, astagfirrlullah, sudah jam 11.45. segera lah kami berdua naik ke lantai satu untuk melihat kondisi kaca nya. Alamak Jang, kaca nya sebagian besar sudah tertutup debu dan kotoran bekas semen yang mungkin ketika teman saya bangun lantai satu, kaca 2x tersebut tidak sengaja ke kecipratan kotoran dari semen.

Setelah bersusah payah nurunin kaca setebal 10mm dari atas, kami berdua masih harus mindahin kaca kaca tersebut ke dalam mobil saya. Karena jarak rumah dengan mobil lumayan lah ada sekita 50 an meter😭, dan ini merupakan tantangan lagi. Alhamdulilah tak terasa semua kaca kaca yang akan saya rakit menjadi aquarium sudah masuk kedalam mobil, setelah beristirahat sebentar, maka saya pun pamit pulang, tak terasa jam sudah menunjukan pukul 12.45..sudah ahmpir jam 01.00 dini hari neh. Kondisi lalu lintas ke tempat tinggal saya di Pamulang ternyata kalau malam tidak pernah sepi. Truk truk besar waktunya beroperasi..sehingga kepadatan lalu lintas masih sedikit saya alami.

Jam 01.30 saya sampai di rumah. Muatan kaca tidak saya keluarkan dari mobil. Rencananya pagi hari saya akan keluarkan sekalian akan saya bersihkan dan bisa segera saya rakit kembali.

Setelah semua satu persatu saya keluarkan dan terkumpul di dalam garasi, maka saya lakukan pembersihan semua kotoran dengan menggunakan gosokan cuci piring yang terbuat dari besi dan juga campuran air sabun. Setelah semua kotoran bersih, maka saya keringkan dengan menggunakan kanebo, lalu saya pindahkan ke sisi lain yang lebih kering. Pada saat say membersihkan kaca kaca tersebut, di temukan lah satu lembar kaca yang kurang sempurna. Kaca tersebut rompal di bagian ujung nya dan celaknya lembaran tersebut berfungsi sebagai dasar aquarium. Kalau saya paksakan selain kurang bagus, secara fungsi aquarium akan selalu rembes. Setelah saya ukur panjang nya adalah 1.2 m dan lebar nya 0.6m, toko kaca tempat biasa saya beli ternyata stock 10mm nya lagi kosong, sehingga saya mencari lebih jauh lagi ke arah Ciputat, di depan mall point square atau sebelah dari care four, akhirnya kaca yang saya cari ada stocknya.

Setelah berbicara dengan Cicih nya, sepakat saya minta di potongin kaca clear 10mm ukuran 0.6m x 1.2 m. Harga yang saya dapat saat itu sekitar 230K, dengan gosokan Alus pakai tangan. Karena kaca ukuran 10 mm jarang yang beli, saya di suruh ambil di gudang mereka yang tak jauh dari toko.

Setelah itu saya pun membeli lem ukuran 300ml seharga 34K. Setelah semua bahan lengkap eksekusi dimulai. Pertama benrsihkan semua bekas lem dan kotoran yang masih nempel dengan menggunakan cutter. Setelah bersih kasih isolasi di sepanjang kaca yang akan kita sealant, agar tidak belepotan ke media lainya. Seperti ini, kebetulan isolasi di rumah hanya sisa yang warna putih polos..jadi foto nya kurang terlihat.

Oh ya gan, ketika kita akan mulai setting kaca, jangan lupa dasarnya diberi alas yang empuk, saya pakai sterofoam ukuran 1mx 0.7m seharga 20K.setelab semua sudah siap, saya oleskan lem di bagian lintasa kaca yang akan kita pasang, tujuan agar tidak terjadi kebocoran jika sealant yang di bagian dalam ada kebocoran.

Setelah semua sudah saya lem..sakrang menunggu proses pengeringan dengan cara membiarkan nya selama kura gblebih 1×24 jam. Berikut penampakannya ya gan.

Setelah semua bagian kita lem, selanjutan memasang bagian atas dari aquarium, dan aquarium siap di tes isi air dan di rendam selama 1 hari setelah lem kering. Berikut hasil akhir dari aquarium yang saya buat.

Terimakasih sudah berkenan. Mampir dan sampai jumpa pada cerita berikutnya.mohon maaf jika terdapat kekurangan dan kurang jelas penyampai nya.. wassllammualaikum wr,wb