10/12/2022

antarlinknet

Kumpulan Artikel dan Link

Akhirnya Beli Baby Channa Stewartii lagi

Assalamualaikum wr, wb salam sejahtera untuk para pembaca semua. Pada kesempatan sebelumnya saya sempat menulis mengenai baby Channa Stewartii Karbialong saya yang sempat saya pelihara semalam saja dikarenakan lompat dari kolam nya dan by by deh. Kali ini saya sudah beli lagi secara online juga di sebuah tokoonline, (link nya nanti akan saya share di bawah) namun lokasi saya beli lebih jauh lagi dari kota tempat tinggal saya. Setelah coba hunting di beberapa toko ikan secara langsung hanya ada beberapa toko ikan hias yang saya temui punya stock stwartii, namun ya itu ga cocok di kantong harganya. Rata rata ukuran 4 cm up, di banderol seharga 250K.

Akhirnya browsing di shoope dapat lah stewartii di daerah Semarang seharga 20K, namun ya itu ikan yang sampai memang ukuran nya baby banget. Saya beli 2 ekor, yang satu kisaran 2cm, yang satunya 1 cm. Ikan Segede itu di paketin kalau ga salah 2-3 harian Alhamdulilah sampai rumah sampai sekarang sehat. Supaya kejadian ikan lompat lagi, saya sekarang punya cara lain, saya pakai beberapa botol galon air mineral yang bekas volume 19 literan.

Untuk yang bekas botol ke mineral galon saya tidak potong bagian atas nya habis, tetapi saya buat celah sebesar 20 cm supaya tangan saya bisa masuk saja. Sedangkan bagian atas tutupnya saya biarkan terbuka dan di isi air hanya seperempat nya saja. Sedangkan bekas galon air mineral lain karena materialnya keras jadi harus saya potong bagian dekat leher galon lalu dengan kawat ram saya tutup bagian atas nya. Untuk dasaran jangan lupa diberi dengan pasir malang dan air nya sebelum ikan datang sudah saya endapkan selama lebih dari 2-3 hari dan direndam dengan daun Ketapang . Selain baby stewartii, saat ini saya juga masih menambah koleksi baby asiatica RSWS dan Asiatica Pure WS. Untuk pakan dari baby baby Channa tersebut saya berikan cacing sutra kombinasi dengan cacing beku dan saya masukan pula beberapa anakan ikan cere kecil dan ikan cere besar untuk membantu membersihkan sisa makanan. Penggunaan Aerotor hanya saya nyalakan beberapa jam saja, tidak selalu saya hidupkan 24 jam. Untuk baby Channa yang sudah berukuran 4 cm up, sudah bisa kita beri makan anakan ikan cere yang baru lahir. Dari pengamatan saya perkembangan nya lebih cepat besar dibandingkan jika pakan yang diberikan tidak bervariasi.

Untuk air saya tidak lakukan pergantian secara rutin, namun seminggu sekali saya lakukan pembersihan kotoran dasar kolam dengan menggunakan sand cleaner buatan sendiri. Sekian dulu pengalaman yang bisa saya sampaikan, perkembangan berikutnya dari para baby Channa akan saya sampaikan lain waktu. Salam satu hobby, Terimakasih sudah berkenan mampir dan wassalamu’alaikum wr.wb.

Link toko tempat saya beli stewartii Karbialong, harga sepertinya berubah sesuai pertumbuhan ikan deh . :))

https://shopee.co.id/product/287556287/9984942117?smtt=0.268947973-1630673887.9

Link tempat saya beli Asiatica RSWS

https://shopee.co.id/product/56982830/10207978230?smtt=0.268947973-1630674075.9