10/12/2022

antarlinknet

Kumpulan Artikel dan Link

Memperbaiki Aquarium yang  bocor di tengah

Assalamualaikum wr,wb.

Sebelumnya saya pernah membahas pembuatan aquarium ukuran 120x60x70 (PxLxT) dalam satuan cm ya gan, setara 1,2 meter. Kejadian nya berawal dari tescomm yang saya lakukan terhadap aquarium dengan memasukan air hampir di batas maksimal dari tinggi aquarium tersebut. Jika saya cek di aplikasi easycalcalculator, dengan dimensi yang saya buat dan bahan kaca bening masuk di safety factor 6, menurut perhitungan mereka idealnya di isi air hanya setinggi 40cm, jika saya hendak mengisi di 60cm, saya dianjurkan menggunakan kaca dengan tebal 16mm. Tetapi kalau saya paksakan di 70cm, saya harus pakai kaca dengan tebal 18mm, menurut anjuran mereka.

Kembali ke cerita tesscomm aquarium saya ya, awal nya terjadi kebocoran baru di isi air setinggi 10cm di bagian ujung sambungan. Lalu saya kuras dan keringkan lalu saya lem ulang dan tebalin lem nya untuk treatment perbaikan. Setelah 1 hari saya lanjutkan tescomm, aquarium saya isi dengan air, 10 cm pertama aman. Memasuki ke level 40 cm juga aman, tidak terjadi kebocoran, lalu saya lanjutkan sampai di level ketinggian 60 cm, sampai sini aman, tidak terjadi kebocoran pada aquaium yang saya buat. Lalu saya diamankan air dalam aquarium sampai sore, mulai terjadi kebocoran kecil di bagian dinding depan sambungan dengan dasar aquarium.  Oh ya saya mulai melakukan pengisian air dari jam 08.00 pagi hari ya, jadi belum sampai 1×24 jam aquarium saya sudah rembes.  Rembes yang saya lihat tidak wajar neh, kenapa saya bilang tidak wajar? Karena ketika saya perhatikan lebih seksama kaca bagian depan tampak melengkung loh gan..karena takut meledak, segera saya kuras air di dalam aquarium secepatnya. Karena selain takut meledak, rembesan air mulai membesar dan mulai mengenangi bagian depan garasi rumah saya. Sembari di kuras dengan selang mengandalkan gravitas bumi, saya juga buang air dengan menggunakan timba. Ketika level air berada di 30 an cm, kebocoran mulai mereda dan kondisi kaca ang tadi melengkung sudah mulai kembali lurus kembali. Karena harus di perbaiki lagi, maka proses pengurasan tetap saya lanjutkan.

Masuk ke pembahasan kita cara memperbaiki bagaimana neh?? Oke saya akan jelaskan. Saya menambahkan sekur /skor atau sabuk pada bagian dasar aquarium. Manfaatnya adalah memperkuat ikatan dinding aquarium sehingga tidak melengkung jika di isi air. Saya menggunakan sekur/skor atau sabuk dengan ukuran 118×8 cm 2 buah dan 42x8cm sebanyak tiga buah dengan ketebalan kaca 8mm. Begini penampakan ya gan.

Kaca yang saya pakai untuk sekur/skor dengan dimensi seperti di atas termasuk potong di harga 119K di daerah Tangerang Selatan. Oh ya tips dari saya, ketika agan akan membeli kaca untuk di potong dimensi kaca bagian dalam harus di ukur benar benar presisi ya, karena kelebihan 1mm saja kaca kur tidak bisa dipasang jadi sebaiknya di kurangi saja ukuranya sekitar 1-2 mm dari Ukuran real dimensi bagian dalam aquarium agan dimana jika masih ga masuk agan hanya perlu sedikit mengasah nya dengan batu Asahan pisau biasa. Sekian dulu, mohon maaf jika terdapat kekurangan, jika agan kurang jelas bisa di tanyakan pada kolom komentar. Wassallammulaikum wr,wb .