10/12/2022

antarlinknet

Kumpulan Artikel dan Link

Mengganti Modul Driver Dinamo Motor Bor Cordless

Melanjutkan tulisan sebelumnya mengenai driver motor yang baru saya terima dari Guangzhou China..lama bingits nunggunya, hampir 1.5 bulan lebih baru sampai. Oke tanpa basa basi langsung ke lokasi kita bongkar bor nya gaiss.

Siapkan semua peralatan dan kebutuhan lainya, kali ini saya DIY di depan Aquarium Pbass saya yang belum lama saya buat, ada di cerita saya di sini.

Alat alat yang di butuhkan :

1. Siapkan solder, kalau perlu langsung di hubungkan saja ke stop kontak listrik biar pas di pakai sudah siap.

2. Alat sedot timah, pasta dan tentunya timah nya juga ya.

3. Alat ukur, Multimeter.

4. Tang potong, tang jepit sama obeng plus isolasi

5. Nah yang ini wajib buat saya kalau lagi ritual beginian, kopi hitam cap gajah..eh serius..tadinya ane biasa nyeduh cap kapal api, waktu itu saya biasa beli yang kopi timah..mantab dah..sudah beberapa bulan ini beli di Alfamart, indomart..pkoknya yang ada mart martnya gitu deh ga nemu sama sekali..akhirnya iseng tuh beli satu bungkus kopi cap gajah, harganya murah meriah lagi 10K ..eh ketagihan deh..walau kadang masih di mix dengan kopi giling sendiri. Lah kok jadi ngomongin kopi..ampura gan..

Nah ini persiapan ya .

Pertama buka semua baut yang nempel di bor seperi penampakan di bawah

Selanjutnya setelah semua baut dilepaskan, solder semua kabel yang ada di perangkat driver yang rusak.

Yang saya tunjuk ada kabel warna kuning, hijau dan biru di lepas semua, ingat nanti pas masang ke modul yang baru jangan kebalik, oh ya kelupaan kabel power yang warna hitam sama merah juga di lepas dari soket baterai ya, nah ini juga pas masang jangan kebolak..eh kebalik. Selesai agan punya modul nanti…hehehe.

Selanjutnya lepas soket yang dari switch yang nempel ke modul lama, pindahkan ke soket di modul yang baru..

Kalau ini ga bakalan kebalik, karena kalau kebalik ga bakalan bisa masuk soketnya..

Jika semua sudah di solder semua dan soket dipastikan terpasang dengan baik, rapikan kabel kabel sama biasanya ketika kita bongkar ada pin besi di dekat kepala bor yang harus di rapihkan lagi masangnya. Yang kalau kita atur setelan torsinya bunyi krek..krek..krek..itu suara dari pin kecil tersebut beradu dengan plastik yang kita putar.

Kalau sudah pasang dan pastikan semua tombol berfungsi dengan baik..baru di hubungkan dengan baterai dan tes.

Alhamdulilah akhirnya modul driver baru sudah terpasang dan bor saya sudah bisa saya pergunakan kembali untuk menemani Oprek Oprek selanjutnya. Terimakasih sudah mampir, jika ada yang perlu di tanyakan bisa di sampaikan di kolom komentar. Terimakasih.