10/12/2022

antarlinknet

Kumpulan Artikel dan Link

Ganti Arm Sayap Atas Isuzu Panther.

Assallamualaikum wr,wb ,. Salam sehat selalu buat agan dimanapun anda berada. Kali ini saya akan berbagi pengalaman saya mengganti sendiri arm sayap atas roda depan Isuzu panther saya tanpa bantuan montir, alias DIY. Gejala yang saya rasakan adalah adanya bunyi kreket kreket pada saat kendaatan kita naikin dan turun atau ketika menerima beban tambahan dan bunyi ketika manuver belok saat parkir. Selain bunyi handling kendaran juga tidak mulus, cenderung liar dan kalau ngerem agak buang, alias limbung, tentu hal ini sangat membahayakan kita dan pengendara lain. Setelah diskusi dan browsing dengan rekan panthermania, thanks om Suwoyo Debora, saya pun mencari tahu apa saja yang saya harus ganti dan berapa harganya.  Karet bushing arm upper, nama nya itu kalau kita ganti hanya bushing nya hargan nya satuan Rp. 80 – 98 ribu, ada juga yang jual 38 ribu, untuk keaslian semua bilang asli, saya sendiri jujur agak bingung kalau disuruh beli, alhasil saya beli yang sudah sepaket dengan arm nya di pedagang online di bukalapak Rp. 550. Ribu. Dan ternyata saya pernah nyetok juga yang sisi kiri, namun karena panther saya yang rusak sebelah kanan mau ga mau saya harus beli lagi dan rencananya mau saya ganti sekalian kiri dan kanan satu set. Nanti yang lama akan saya pasang kan bushing baru untuk cadangan kalau yang sekarang rusak, atau biasanya ada sesama mber Panthermania yang mengalami trouble di jalan jika kebetulan dekat lokasi ya bisa kita kondisikan terlebih dahulu.

Kalau agan agan hanya beli karet bushing nya saja, agan perlu juga persiapkan biaya ke tukang bubut ya, biasanya tukang bubut minta di harga 50-75 per bushing nya kalikan 4 ya kiri kanan.

Kalau semua sparepart sudah siap, waktunya kita ke tekape. Pertama sebaluk di dongkrak, kendorkan dulu mut baut roda yang akan kita ganti, lalu setelahnya baru kita dongkrak dan lepas mur roda nya satu persatu. Setelah roda di lepaskan, putar setir ke arah luar, sesuaikan dengan roda yang agan akan bongkar, kalau kiri ya keluar ke kiri kalau kanan ya keluar ke kanan. Setelahnya jangan lupa ban yang tadi kita lepas untuk jaga jaga jika dongkrak utama bermasalah, saran saya roda di letakan di bawah as depan, jika terjadi hal yang tidak kita inginkan, minimal ada roda yang masih menahan beban kendaraan kita. Selanjutnya lepaskan pen yang ada pada ball joint atas. Dan kendorkan mur yang ada pada balljoint ke as roda, lalu untuk melepaskan nya karena kita tidak punya tracker buat buka balljoint, kita getok as roda bagian tengah tempat as balljoint terhubung sampai terlepas. Setelah ball joint lepas dari as roda, langkah berikutnya lepaskan mur pegangan sockbrekear bagian atas nya saja, biasanya dibuat counter mur, jadi lepaskan mur pertama lalu mur kedua sampai benar benar lepas dari dudukan nya. Ada tips sedikit ketika saya membuka sockbreaker ini, jadi biasanya ketika kita buka mur, as sockbreaker akan iktu mutar, biasanya para tukang pakai tang jepit tahan di bagian as yang bawah, dan ini bisa menyebabkan luka pada as sock tersebut, sebenarnya dari pabrikan sudah kasih solusi nya, perhatikan bagian ujung dari as sock, akan terlihat ujung nya agak kecil dan berbentuk kotak, dengan kunci Inggris sesuaikan ukuran nya dan jadikan media tersebut untuk menahan as sock agar tidak ikut memutar ketika kita kendorkan mur nya,lihat detail foto dibawah.

Setelah ujung sockbreaker terlepas langkah berikutnya lepaskan baut ukuran 22 yang mengikat as dari arm upper, setelah terlepas baru arm yang rusak bisa kita lepas dan keluarkan dari tempatnya, untuk melepasnya angkat sisi kanan ke atas dan sisi kiri turunkan lalu arahkan keluar, dan perhatikan adanya pipa yang dari master rem atas, kadang suka nyangkut di as arm upper.

Setelah terlepas langkah berikutnya kita lepaskan bushing arm nya satu persatu dan untuk pemasangan kita bawa ke tukang bubut. Saya sarankan ke tukan bubut karena supaya tidak rusak karet kalau kita pukul pakai palu sendiri ketika kita pasang, atau jika agan punya alay yang bisa di modifikasi, bisa menggunakan dongkrak untuk memasang bushing arm nya sendiri. Karena saya beli arm yang sudah sepaket jadi tinggal saya pasang kembali ke dudukan nya. Oh iya ketika memasang perhatikan ada nya tanda di bagian tengah as swing arm, pastikan ada di sisi dalam ya gan.

Lalu pasang terlebih dahulu baut 22 dengan as arm, kencangkan dan setel baut arm kiri dan kanan pakai kunci 19. Jangan terlalu kencang supaya tetap bisa main bushingnya, namun jangan terlalu kendor juga. Normal saja.

Setelah itu masukan balljoint ke as roda , karena bebanya berat akibta per stabilizwr, gunakan dongkrak tambahan dan dongkrak bagia swing ar lower nya ke atas, pastikan posisi dari as ball joint masuk ke dalam as roda lalu mur dengan kunci 21, lalu pasang kembali pen nya lalu tekuk supaya tidak lepas.

Setelah dipastikan semua mur dan baut terpasang dengan baik termasuk mur soc breaker dan untuk masang mur di sockbreaker gunakan tips saya ketika membuka dijamin berhasil dan tidak susah untuk memasangnya, lalu pasang kembali roda dan kencangkan semua mur nya, riba waktunya tes jalan, dan saya coba putar putar kota melewati beberapa jalanan yang kurang baik, dan limbung dan handling yang liar sudah tidak saya rasakan lagi, dan rasanya kendaraan nyaman untuk di kendarai.

Demikian cerita dari saya, jika ada kurang dalam penjelasan mohon dimaafkan. Wassalamu’alaikum wr,wb.