10/12/2022

antarlinknet

Kumpulan Artikel dan Link

Membuat ramuan ekstrak daun Ketapang

Assalammualaikum wr,wb salam sejahtera untuk pembaca semua. Kali ini saya akan sedikit berbagi tips bagaimana caranya membuat ekstrak daun Ketapang sendiri di rumah.

Sebelum masuk ke proses pembuatan, saya akan sampaikan apa saja manfaat daun Ketapang buat ikan peliharaan kita. Berikut manfaat dari daun Ketapang.

Daun ketapang diduga memiliki sifat anti-parasit, anti-bakteri dan anti-jamur. Dengan kandungan sifat tersebut daun ketapang dapat menjaga air bebas dari patogen, menghasilkan ikan yang lebih sehat dan kuat. Terlebih lagi, beberapa peternak percaya bahwa daun ketapang dapat membuat ikan lebih mudah bertelur.

1. Menurunkan pH Air

Menurunkan pH Air: Bagi ikan cupang, dan channa pH air yang sesuai untuk hidup dengan baik berkisar 6,2 ~ 7. Beberapa sumber yang saya dapatkan di alam nya untuk Channa mari Yellow sentarum dan red Sampit pH air di akal nya bisa di angka 4 sampai 5 ,  Dengan penambahan air olahan daun ketapang maka pH air tinggi bisa menjadi stabil.

2. Membantu Membasmi Jamur

Membantu Membasmi Jamur: Jika ikan cupang atau Channa Anda terinfeksi jamur maka menambahkan air olahan daun ketapang akan membuatnya cepat sembuh.

3. Mengobati Luka Setelah Perkelahian / Pemijahan

Mengobati Luka Setelah Perkelahian / Pemijahan: Perkelahian antar ikan dalam satu tank bisa saja terjadi akibat terlambat memberi makan. Pada ikan cupang jantan , akan menyisakan luka dari yang biasa sampai sangat serius. Sedangkan pada pemijahan, ikan cupang atau ikan gabus (Channa) betina akan luka-luka ketika dihajar ikan cupang/gabus jantan atau sebaliknya bisa juga pejantan ikan gabus / Channa yang berukuran lebih kecil bisa saja terluka di hajar oleh ikan betina gabus / Channa.

Luka pada ikan bisa disembuhkan dengan cepat dengan menambahkan air olahan daun ketapang. Cara ini telah lama terbukti berkhasiat di kalangan pecinta ikan cupang maupun ikan gabus / Channa.

4. Menyerap Racun pada Air

Menyerap Racun pada Air: Terkadang ikan yang terlihat sehat-sehat saja bisa mati mendadak. Hal ini seringkali terjadi karena penggunaan air yang tidak sehat pada wadah soliter ikan. Pendeteksian air beracun yang mengandung logam berat tidaklah mudah. Anda harus memiliki peralatan pendeteksi air.

Penggunaan air daun ketapang yang dicampurkan pada air hidup ikan akan membuat kadar racun menurun. Tannin berfungsi menyerap kandungan logam berat dan zat beracun lainnya pada air.

5. Mengurangi Stress Pada Ikan dan Membuat Sisik Ikan Semakin Bersinar

Mengurangi Stress Pada Ikan dan Membuat Sisik Ikan Semakin Bersinar: Tannin pada daun ketapang bisa mengurangi stress pada ikan. Penggunaan tannin pada ikan cupang dan gabus akan membuat sisiknya menjadi lebih bersinar.

Selain itu, banyak  manfaat utamanya yaitu penyembuhan, perawatan, serta dukungan untuk memperkuat ikan cupang dan ikan gabus / Channa kesayangan agan di rumah.

Selanjutnya kita akan masuk kepada proses pembuatannya ya gan.

1. Daun Ketapang yang sudah kering yang sudah jatuh ke tanah. Ga perlu beli, cukup bawa kantong plastik sambil olahraga sepeda agan pungut yang ada di pinggir pinggir jalan, gratis. Ambil secukupnya.

2. Sampai di rumah, daun Ketapang tersebut gaan cuci dengan air bersih dan  kalau ada kasih garam ikan ketika membersihkan nya rendam sekitar 5-10 menit.

3. Setelah istu tiriskan air bekas rendaman yang di campur dengan garam ikan tadi, lalu masukan daun yang sudah bersih ke dalam wadah panci.

4. Isi air, dan sesuaikan dengan jumlah daun yang agan mau olah.

5. Rebus daun Ketapang kurang lebih 20-30 menit sampai mendidih.

6. Setelah 30 menit, tiriskan air rebusan dan setelah dingin tempatkan dalam wadah Botol bekas.

Sekarang agan bisa mendapatkan manfaat dari daun Ketapang tanpa harus terhalang oleh daun daun yang berserakan di dalam aquarium agan, ketika agan butuhkan agan tinggal tuangkan ekstrak daun Ketapang buatan sendiri sesuai keinginan. Selamat mencoba.