10/12/2022

antarlinknet

Kumpulan Artikel dan Link

Membuat prebiotik sendiri untuk kolam budidaya ikan.

Ide  membuat prebiotik berawal dari rasa penasaran saya atas kejadian mati nya ikan Nila dan Gurame yang baru saya beli dan tebar di kolam terpal di teras rumah. Kejadiannya saat itu semua ikan ikan saya awalnya hanya beberapa ekor saja yang saya lihat terdapat parasit seperti kapas yang menempel di luka pada tubuhnya. Esok nya Ikan tersebut mengalami kematian dan parasit yang seperti kapas tersebut dengan cepat menular ke ikan ikan lain yang sehat.

Tidak perlu waktu lama untuk membuat kematian massal dari awal terjadinya serangan parasit tersebut untuk menghabiskan semua ikan yang ada di kolam tersebut.

Dari hasil browsing di internet saya tertarik untuk mencoba mengikuti jejak salah satu petani ikan memelihara ikan yang sama di kolam terpal dan pernah mengalami hal yang sama dan berhasil mengatasi wabah tersebut pada kolam ikan nya. Beliau membuat antiseptik dari bahan bahan alami seperti daun pepaya, kunir dan garam ikan. Oke langsung saja saya list bahan bahan nya apa saja. Tetapi karena keterbatasan saya sebagai pemula takaran yang saya pakai adalah tidak perkiraan dari takaran asli yang di pakai oleh petani tersebut :

Bahan bahan :

1. Daun pepaya secukupnya , saya pakai 5 lembar daun.

2. Kunir 5 buah.

3. Garam ikan 1/4 Kg.

4. Air secukupnya.

Alat yang saya perlukan berikutnya adalah blender.

Cara membuat ;

1. Potong kecil kecil daun pepaya dan kunir , lalu masukan secukup sesuaikan dengan kapasitas blender yang digunakan.

2. Campur dengan air secukupnya, kira 2x 2 gelas ukuran 200ml, lalu masukan garam ikan dan blender sampai semua halus dan tercampur dengan rata, lakukan hal yang sama terhadap sisa bahan lainya.

Setelah semua bahan di blender, lalu saring hasil blenderan tersebut dan air hasil saringan di masukan ke dalam wadah yang rapat seperti botol bekas sirup, lalu di lakukan fermentasi.

Selanjutnya lakukan buka tutup botol setiap 3 hari sekali pada semua botol dan biarkan terbuka selama beberapa menit, kurleb 3-5 menit, lalu setelah itu tutup kembali dan lakukan hal seperti di atas selama 12 hari .

Setelah 2 minggu dilakukan proses fermentasi ramuan prebiotik buatan sendiri sudah bisa di pakai dan anda dapat menyimpan nya lebih lama dan digunakan secukupnya, cara nya dengan menuangkan secukupnya ramuan tersebut pada tutup botol yang kita gunakan untuk menyimpan ramuan dan campurkan pada air kolam yang sedang dipersiapkan untuk penebaran benih ikan atau pada kolam yang sudah dipakai untuk memelihara ikan. Manfaat dari ramuan tersebut antara lain  dapat menghilangkan bau pada air kolam dan dapat meningkatkan plankton yang menjadi nutrisi yang bagus buat ikan, dengan banyaknya plankton maka ikan lebih sehat dan mengurangi pemberian pakan pelet terhadap ikan serta memperbaiki kondisi dari kualitas air kolam, terlihat dari ikan ikan yang lebih banyak berada di dalam air, kenapa karena dengan banjak plankton ikan 2x akan banyak menghabiskan waktu dengan memakan plankton dan kualitas oksigen yang baik membaut ikan jarang muncul ke permukaan ikan. Demikian tips dari saya semoga bermanfaat.